Fakta Ikan Kembung yang Punya Omega 3 Lebih Tinggi dari Salmon

Ikan Kembung Banjar pack

Ikan kembung yang dijual di TaniHub merupakan salah satu jenis ikan yang tidak kalah dengan produk luar negeri. Harganya murah meriah, dapat ditemukan dengan mudah di pasar tradisional maupun supermarket terdekat. 

Jika tidak bisa keluar rumah dan ingin praktis, lebih baik belanja online. Langsung ke aplikasi atau website TaniHub sekarang juga. Banyak promo dan kebutuhan masak lengkap untuk mengolah ikan kembung menjadi sajian apa pun. 

  1. Dapat Menyembuhkan Penyakit Jantung

Ikan yang satu ini mengandung asam lemak tidak jenuh. Kandungan IPA dapat membantu menurunkan kadar kolestrol jahat dan ikut menaikkan kadar HDL. Di luar negeri, ikan ini kerap dikenal sebagai makarel. 

Di Manado, ikan ini memiliki nama Tude. Efek inflamasinya sangat baik bagi beberapa orang. Beberapa orang yang usianya sudah lanjut, bahkan bisa bertahan sampai 80 tahun. Namun, ada pula mitos yang mengatakan bahwa ikan kembung dapat menyembuhkan kadar gula darah. Hal tersebut lebih diperuntukkan pada kebutuhan serat.

  1. Sangat Cocok Dimasak dengan Kuah Asam

Beberapa orang biasanya mengolah ikan tersebut dengan cara digoreng, kemudian dicocol menggunakan kecap atau sambal. Omega adalah asam lemak. Asam lemak bersama omega 3 akan larut dalam minyak. Manfaatnya sudah tidak lagi ada, ibarat hanya memakan ampasnya. 

Kandungan yang jutsru lebih mendominasi adalah minyak jenuh. Tude biasanya diolah dengan kuah asam di Manado. Ikannya akan dibersihkan terlebih dahulu, kemudian diberikan jeruk nipis. 

Bersama bawang merah, bawang putih, sereh, dan bumbu dapur lainnya, ikan kembung bisa diolah bersama kuah sup yang sedap. Dibakar atau dipepes boleh, asalkan harus dialasi dengan daun, tidak dibakar langsung di atas api. 

  1. Baik untuk Kesehatan Tulang

Ikan kembung tidak boleh dikonsumsi mentah, apalagi untuk ibu hamil. Bakteri dan kuman yang terkandung di dalamnya dapat membahayakan janin. Namun, fakta mengenai manfaatnya yang berguna untuk tulang memang benar. 

Setiap 100 gram atau satu ekor ikan kembung mengandung 200 mg kalsium. Kebutuhan kalsium yang ideal adalah 1000 ml, kecuali jika seseorang sudah menginjak usia 50 tahun. Kebutuhan kalsiumnya menjadi bertambah, yakni 1200-1400 mg. 

Dengan memakan tiga ekor ikan kembung, seseorang akan mendapatkan asupan kalsium sebesar 600 mg, yang setara dengan segelas susu. Selain kalsium, ada pula beberapa nutrisi lainnya yang tidak kalah bermanfaat, seperti natrium 83 mg, kalium 401 mg, protein 24 gram, kalori 261, jumlah lemak 18 gram, dan lemak jenuh 42 gram, tanpa kandungan karbohidrat dan serat pangan. 

  1. Membentuk Otot Tubuh

Ikan kembung memang mengandung banyak protein. Banyak orang berpikiran atau berkonotasi bahwa mereka harus memenuhi kebutuhan proteinnya untuk fakta tersebut. Namun, otot tubuh harus dibentuk pula dengan latihan. 

Kebutuhan protein juga bisa dibantu dengan mengkonsumsi putih telur atau dada ayam. Tubuh membutuhkan protein 0,8-1,5 gram per hari. Seseorang hanya perlu mengkonsumsi dua ekor ikan bersama nasi. 

  1. Salmon Kalah Soal Kandungan Omega

Fakta yang satu ini memang sudah populer. Meski harga ikan kembung murah, manfaat yang dimiliki justru dibutuhkan oleh tubuh, khususnya omega 3. Ikan salmon hanya memiliki 1,6 gram omega 3. Karena itulah, banyak khasiat yang akan didapatkan, salah satunya mengurangi risiko terkena kanker payudara. 

Ingin masak ikan kembung untuk menu hari ini? Segera pesan dengan mudah melalui aplikasi atau website TaniHub. Memproduksi sejumlah sayur, buah, dan kebutuhan masak yang segar, TaniHub memuaskan para konsumen produk tanah air dengan layanan positifnya. Pesanan akan di-packing dengan aman, sehingga dapat sampai di rumah dalam keadaan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *